Pelajar Progresif Temanggung

"Bersama Santri Damailah Negri" (Ahmad Fauzi Temanggung)

Oleh : IPNU-IPPNU Temanggung, 06/02/2019

KATA PENGANTAR

 

Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.

Dengan kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Penulisan Karya Ilmiah yang bertemakan “Bersama Santri Damailah Negeri” dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2018 ini merupakan acuan masyarakat untuk mempersatukan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah.

Sebagaimana diamanatkan pada Pasal 3 UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa tujuan pendidikan adalah : “Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Maka karya ilmiah ini diharapkan menjadi media untuk terwujudnya harapan tersebut.

Wassalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh

 

 

 

Temanggung, 12 Oktober 2018

Penulis

 

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar belakang masalah

Akhir-akhir ini, timbul berbagai masalah dalam bab kerukunan beragama di Indonesia ini, contohnya dalam waktu yang tidak lama ini terdapat kasus penistaan agama yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjadikan masalah di negeri ini.

Sementara dalam kurun waktu dekat ini Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak, dimana terdapat banyak sekali hoax yang menyebar di dunia maya yang bisa memecah belah kesatuan dan kerukunan bangsa.

Salah satunya banyak orang yang tidak bertanggung jawab. Yaitu dengan menyebarkan berita bohong yang berdalihkan agama untuk menyerang pemerintahan, dengan tujuan menjatuhkan elektabilitas pemerintah yang berkuasa atau oposisi yang melawan pemerintahan yang berkuasa saat ini. Dengan latar belakang di atas, saya sebagai penulis mengangkat judul “Menanggapi Hoax Politik di Kalangan Masyarakat”.

 

  1. Rumusan masalah
  2. Apa yang dimaksud dengan Hoax?
  3. Bagaimana peran santri dalam menanggapi berita Hoax dalam masyarakat?

 

  1. Tujuan
  2. Mengetahui pengertian
  3. Mengetahui peran santri dalam menanggapi berita Hoax dalam masyarakat.

 

 

BAB II

Pembahasan

  1. Pengertian Hoax

Menurut KBBI, Hoaks atau Hoax mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber. Menurut Silverman (2015), Hoax merupakan rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, tetapi ‘dijual’ sebagai kebenaran. Menurut Werme (2016), mendefinisikan Fake News atau Hoaks sebagai berita palsu yang mengandung informasi yang disengaja menyesatkan orang dan memiliki agenda politik tertentu. Hoaks bukan sekedar ‘misleading’ alias menyesatkan, informasi dalam Fake News juga tidak memiliki landasan faktual, tetapi disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta.

Jenis konten atau jenis sasaran hoax, sebagai berikut :

  1. Agama

Konten yang memuat segala hal yang berkaitan dengan ajaran, sistem yang mengatur tentang keimanan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan lingkungannya.

  1. Politik

Konten yang memuat segala hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan negara, pembagian kekuasaan, berupa kebijakan atau cara mempertahankan kekuasaan.

  1. Etnis

Konten yang berkaitan dengan segala hal mengenai kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, suku, bahasa, budaya, dan sebagainya.

  1. Kriminalitas

Konten yang memuat hal-hal yang berkaitan tindakan kejahatan.

  1. Bencana

Konten yang memuat hal-hal yang terkait dalam kejadian alam yang memakan banyak korban

  1. Bentuk-Bentuk Penyebaran Hoax
  2. Narasi

Biasanya digunakan untuk menggambarkan runtutan peristiwa seperti seolah-olah benar adanya dan bersifat melebih lebihkan hingga provokasi.

  1. Gambar atau Foto

Biasanya digunakan untuk menambahkan keyakinan pada pembaca akan berita bohong yang dimuat.

  1. Video

Biasanya digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi secara lebih nyata.

  1. Meme

Biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan.

  1. Media Masa

Biasanya digunakan sebagai alat atau sarana untuk menyebarkan hoaks kepada masyarakat.

 

  1. Peran Santri Dalam Menanggapi Berita Hoax Dalam Masyarakat

Di Indonesia, santri identik dengan pelajar yang agamis dan mencari ilmu di pondok pesantren. Sementara itu, di Indonesia terdapat organisasi besar yaitu Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah yang berpatokan  konsep ahli sunnah wal jama’ah dengan berpegangan  4 madzab. Yaitu, Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafii, dan Imam Hambali. Tetapi organisasi terbesar adalah NU yang fokus penyebarannya di desa-desa plosok negeri. Sementara muhammadiyah berkonsentrasi di kota-kota besar.

Sementara itu, bagaimana santri berperan aktif bersosialisasi di masyarakat dalam konteks-konteks politik menggunakan  media sosial ? Memberikan  konten yang sehat tanpa ada suatu kebohongan, sehingga peran santri dalam masyarakat harus memberikan doktrin yang baik terhadap suatu kejadian berdasarkan fakta yang ada. Selain itu, dapat juga dengan menumbuhkan filter media sosial dalam masyarakat untuk meminimalisir akan adanya berita bohong, sehingga dapat mengurangi angka kepercayaan terhadap berita bohong.

 

BAB III

`Penutup

 

  1. Kesimpulan
  2. Pengertian Hoax

Hoax mengandung makna rangkaian berita atau informasi yang sengaja disesatkan, tetapi disebarkan sebagai kebenaran kepada khalayak umum secara serentak.

  1. Peran Santri Dalam Menanggapi Berita Hoax Dalam Masyarakat

Memberikan  konten yang sehat tanpa ada suatu kebohongan, sehingga peran santri dalam masyarakat harus memberikan doktrin yang baik terhadap suatu kejadian berdasarkan fakta yang ada. Selain itu, dapat juga dengan menumbuhkan filter media sosial dalam masyarakat untuk meminimalisir akan adanya berita bohong, sehingga dapat mengurangi angka kepercayaan terhadap berita bohong.

  1. Saran

Semoga makalah ini dapat memberi pengetahuan baru tentang berita Hoax dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Selain itu, semoga masyarakat dapat menggunakan media dengan cermat dan teliti. Serta para santri di Indonesia dapat menciptakan kerukunan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika

 

Daftar pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berita_bohong diakses pada 12 Oktober 2018

Wijayanti, Sri. “Arti kata Hoax – Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online” www.kbbionline.com diakses pada 12 Oktober 2018

Silverman, Craig. 2015. Journalism. A Tow/Knight Report. “Lies, Damn Lies, and Viral Content” diakses pada 12 Oktober 2018

PELANTIKAN IPNU IPPNU PAC KANDANGAN

Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung resmi dilantik, Jumat (16/02/2018). Prosesi pelantikan ini &hell

Konferensi Anak Cabang Parakan dan Pelantikan Massal

Pimpinan Anak Cabang Parakan Temanggung pada Ahad (27/1) telah melaksanakan konferancab dan pelantikan massal. Konferancab ini menghasilkan beberapa keputusan penting khususnya reorganisasi kepengurusan masa khidmat &hell

Berbagi Untuk Sesama, IPNU IPPNU Ranting Bengkal Jadi Sorotan

Tak kurang 40 anggota PR. IPNU IPPNU désa Bengkal mengikuti kegiatan pentasyarufan bagi warga yang membutuhkan. Kegiatan ini menyasar warga kurang mampu dan anak yatim &hell

Pentingnya Upgrading Sebagai Gerakan Kaderisasi

Setelah sekian lama NU tertidur dalam zona nyaman, di era Digitalisasi ini NU mengalami tamparan keras saat ideologi rahmatan lil alamin-nya diusik oleh sekelompok golongan &hell

Jl. Jenderal Sudirman No.60, Jampirejo Barat, Jampirejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56218